Jumat, 29 Juni 2012

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli. Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi ketiga adalah dalam hal pemasaran sosial, yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen. Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.


From :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen



Penawaran dan Permintaan

Teori penawaran dan permintaan dalam ilmu ekonomi merupakan penggambaran atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Model ini juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan dan penawaran.

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu harga barang itu sendiri, harga sumber produksi, tingkat produksi, dan ekspektasi atau perkiraan. Sedangkan permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu harga barang itu sendiri, harga barang lain yang berkaitan, tingkat pendapatan, selera konsumen, ekspektasi atau perkiraan.


From :


Ruang Lingkup Ekonomi

Ilmu ekonomi lahir pada abad 18. Buku yang pertama kali mengupas mengenai masalah-masalah ekonomi adalah buku karangan Adam Smith tahun 1776 dengan judul "An Inquiry Into The Nature and Causes of Wealth of Nations.

Kebutuhan ekonomi pada dasarnya bersifat :
- Berbeda untuk setiap orang maupun kelompok
- Tidak sama sepanjang waktu
- Berkembang dalam jumlah dan kwalitasnya
- Saling melengkapi atau saling berlawanan

Ilmu ekonomi merupakan kelompok ilmu sosial, karena yang menjadi sasaran studinya adalah perilaku masyarakat. Namun ilmu ekonomi berbeda dengan ilmu sosial lainnya, sebab ilmu ekonomi mempelajari masyarakat dari segi pemenuhan kebutuhan dengan memilih sumber-sumber produksi yang terbatas dan cara pemakaiannya yang paling tepat. Dalam prakteknya, sulit memisah-misahkan mana yang termasuk dalam perilaku ekonomi dan yang tidak, sebab struktur ekonomi suatu negara sangatlah rumit dan kompleks.

Sebagian barang yang ada di bumi ini terbatas jumlahnya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, maka untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Kelangkaan ekonomi adalah situasi kehidupan masyarakat yang memperlihatkan sumber daya manusia dan bukan manusia ada dalam jumlah yang tertentu dan didasarkan pada pengetahuan teknologi terbaik yang dapat dipakai untuk menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang terbatas. Keterbatasan barang atau alat pemuas kebutuhan menyebabkan semua pihak yang ingin memuaskan kebutuhannya harus menghadapi kenyataan bahwa setiap pilihan yang diambil akan membawa pilihan lain yang bersifat alternatif. Setiap kali memilih berarti mengorbankan kesempatan untuk tidak memilih yang lain.


From :
elearning.gunadarma.ac.id


Perilaku Individu

Perilaku individu dapat dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, dan lain-lain. Dalam sosiologi, perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain dan oleh karenanya merupakan suatu tindakan sosial manusia yang sangat mendasar. Benjamin Bloom, seorang psikolog pendidikan membedakan adanya tiga bidang perilaku, yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Kemudian dalam perkembangannya, perilaku diklasifikasikan oleh Bloom dibagi menjadi tiga  tingkat :

Pengetahuan (Knowledge)

Pengetahuan adalah hasil penginderaan manusia, atau hasil pengetahuan seseorang terhadap obyek melalui indera yang dimilikinya.

Sikap (Attitude)

Sikap merupakan respons tertutup seseorang terhadap stimulus atau obyek tertentu, yang sudah melibatkan faktor pendapat dan emosi yang bersangkutan.

Tindakan atau praktik (Practice)

Tindakan ini merujuk pada perilaku yang diekspresikan dalam bentuk tindakan, yang merupakan bentuk nyata dari pengetahuan dan sikap yang telah dimiliki.


From :
http://www.google.co.id/#hl=id&gs_nf=1&cp=10&gs_id=14&xhr=t&q=perilaku+individu


Wisata Pulau Jeju di Korea

Pulau Jeju (Jeju-do) merupakan pulau terbesar di Korea yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea. Pulau Jeju adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus Korea Selatan. Terletak di Selat Korea, sebelah barat daya provinsi Jeolla Selatan, yang dahulunya merupakan satu provinsi sebelum terbagi pada tahun 1946. Ibukota Jeju adalah Kota Jeju (Jeju-si). 


Pulau Jeju dijuluki Samsado, "Pulau yang berlimpah dengan tiga hal" yaitu bebatuan, wanita, dan angin). Karena memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang unik, pulau Jeju adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Korea. Dalam catatan sejarah, Jeju disebut dalam berbagai nama, mulai dari Doi, Dongyeongju, Juho, Tammora, Seomna, Tangna atau Tamra.

Kota pelabuhan terdekat Jeju dengan daratan utama Korea adalah Mokpo, provinsi Jeolla Selatan. Suhu di Jeju dapat bervariasi, mulai dari tropis sampai subtropis. Suhu rata-rata pertahunnya adalah 14,6 derajat Celcius dan 4,7 derajat Celcius pada musim dingin. Karena memiliki iklim yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai "Pulau Botani" karena kekayaan floranya.

Selama berabad-abad, penduduk pulau Jeju dijuluki sebagai "Yukgoyeok" yang artinya enam jenis pekerja keras. Yukgoyeok merujuk kepada warga yang mengerjakan berbagai pekerjaan sulit dan berat untuk hidup, seperti mencari abalon dan kerang dengan cara menyelam ke dasar laut, membangun pelabuhan, beternak, membuat kapal dan bertani.

Berikut ini adalah objek wisata yang ada di pulau Jeju :

Mokseokwon (Taman Batu dan Kayu)

Mokseokwon terletak 4 km di selatan kota Jeju adalah taman yang memiliki kumpulan batu-batuan berbentuk unik dan akar-akar pohon tua yang sudah mati. Karena keunikannya, taman ini dijadikan sebagai monumen regional Jeju nomor 25.

Halla Arboretum (Kebon Raya Halla)

Halla Arboretum merupakan tempat pelestarian sebanyak 506 jenis pohon, 90 spesies herbal. Terletak di sebelah barat Puncak Namjosun, Selatan kota Jeju.

Seongsan Ilchulbong (Puncak Matahari Terbit)

Ilchulbong merupakan kawah gunung berapi yanng memiliki luas 99.000 meter persegi dan tinggi 182 meter di sebelah timur Jeju.


From :


Khalifah Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib lahir merupakan salah seorang pemeluk Islam pertama dan juga keluarga dari Nabi Muhammad SAW. Ali menjadi satu-satunya Khalifah yang sekaligus juga menjadi imam. Ali adalah sepupu dari Nabi Muhammad SAW, setelah menikah dengan Fatimah az-Zahra, ia menjadi menantu Muhammad SAW.

Ali dilahirkan di Mekkah, daerah Hejaz, Jazirah Arab, pada tanggal 13 Rajab, menurut sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian Muhammad SAW, sekitar tahun 599 Masehi atau 600 (perkiraan). Nama asli Ali bin Abi Thalib adalah Haydar bin Abu Thalib. Haydar yang berarti singa adalah harapan keluarga Abu Thalib untuk mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di antara kalangan Quraisy Mekkah. Setelah mengetahui sepupu yang baru lahir diberi nama Haydar, Nabi Muhammad SAW memanggil dengan Ali yang berarti tinggi (derajat di sisi Allah).

Ali dilahirkan dari ibu yang bernama Fatimah binti Asad, dimana Asad merupakan anak dari Hasyim, sehingga menjadikan Ali, merupakan keturunan Hasyim dari sisi bapak dan ibu. Kelahiran Ali bin Abi Thalib banyak memberi hiburan bagi Nabi Muhammad SAW karena beliau tidak punya anak laki-laki. Uzur dan fakirnya keluarga Abu Thalib memberi kesempatan bagi Nabi Muhammad SAW bersama istri beliau Khadijah untuk mengasuh Ali dan menjadikannya putra angkat. Hal ini sekaligus untuk membalas jasa kepada Abu Thalib yang telah mengasuh Nabi Muhammad SAW sejak beliau kecil hingga dewasa, sehingga sejak kecil Ali sudah bersama dengan Nabi Muhammad SAW.

Ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, riwayat-riwayat lama seperti Ibnu Ishaq menjelaskan Ali adalah orang kedua yang mempercayai wahyu tersebut setelah Khadijah istri Nabi Muhammad SAW sendiri dan lelaki pertama yang mempercayainya. Pada usia remaja setelah wahyu turun, Ali banyak belajar langsung dari Rasulullah SAW karena sebagai anak asuh, berkesempatan untuk selalu dekat dengan Nabi. Hal ini berkelanjutan hingga beliau menjadi menantu Nabi. Didikan langsung dari Nabi kepada Ali dalam semua aspek ilmu islam baik aspek zhahir atau syariah dan bathin atau tasawuf membuat Ali menjadi seorang pemuda yang sangat cerdas, berani, dan bijak.

Ali memiliki delapan istri setelah meninggalnya Fatimah az-Zahra dan memiliki keseluruhan 36 orang anak. Dua anak laki-lakinya yang terkenal lahir dari anak Nabi Muhammad SAW, Fatimah, adalah Hasan dan Husain. Keturunan Ali melalui Fatimah dikenal dengan Syarif atau Sayyid, yang merupakan gelar kehormatan dalam bahasa Arab, syarif berarti bangsawan dan sayyid berarti tuan. Sebagai keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW, mereka dihormati oleh Sunni dan Syi'ah. Menurut riwayat, Ali bin Abi Thalib memiliki 36 orang anak yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Sampai saat ini keturunan itu masih tersebar, dan dikenal dengan Alawiyin atau Alawiyah dan diberi gelar sayyid.


From :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ali_bin_Abi_Thalib


Masjid Nabawi

Masjid nabawi merupakan salah satu mesjid yang terdapat di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi menjadi tempat makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Masjid ini juga merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat muslim setelah masjidil haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Setelah masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah SAW tiba di Madinah. 

Pada awalnya, lokasi itu merupakan tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin 'Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah SAW untuk dibangun masjid dan tempat kediaman beliau. Masjid ini berukuran sekitar 50 m x 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m. Rasulullah SAW membangunnya dengan tangannya sendiri, bersama-sama dengan para sahabat dan kaum muslimin. Tembok di keempat sisi masjid terbuat dari batu bata dan tanah, sedangkan atapnya dari daun kurma dengan tiang-tiang penopangnya dari batang kurma. Sebagian atapnya dibiarkan terbuka begitu saja. Selama sembilan tahun pertama, masjid ini tidak mempunyai penerangan ketika malam hari. Hanya pada waktu isya, diberikan sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Kediaman Nabi Muhammad SAW tidak seberapa besar dan tidak lebih mewah dari keadaan masjidnya, hanya saja lebih tertutup. Selain itu, ada pula bagian yang digunakan sebagai tempat orang-orang fakir miskin yang tidak memiliki rumah. Sekarang, orang-orang ini dikenal sebagai ahlussufah atau para penghuni teras masjid.

Setelah itu, berkali-kali masjid ini direnovasi dan diperluas. Renovasi yang pertama dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H, dan yang kedua oleh Khalifah Utsman bin Affan pada tahun 29 H. Sekarang, Raja Abdul Aziz dari kerajaan Saudi Arabia meluaskan masjid ini menjadi 6.024 meter persegi pada tahun 1372 H. Perluasan ini kemudian dilanjutkan oleh penerusnya, Raja Fahd pada tahun 1414 H, sehingga luas bangunan masjidnya hampir mencapai 100.000 meter persegi, ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 meter persegi dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk shalat seluas 135.000 meter persegi. Masjid Nabawi kini dapat menampung kira-kira 535.000 jemaah.


From :