Senin, 25 Oktober 2010

Hubungan antara masyarakat, penduduk dan kebudayaan


Masyarakat

Pengertian Masyarakat

Masyarakat merupakan sejumlah individu yang berkumpul dan menetap dalam satu wilayah, masyarakat tumbuh dan berkembang dalam segala aspek secara bersama. Masyarakat hidup untuk menyelesaikan tujuan didalam kehidupannya, baik dalam hal keagamaan, spiritual, sastra, keseniaan dan pengetahuan. Manusia juga merupakan makhluk yang memiliki keinginan untuk menyatu dengan sesamanya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb. Manusia memberi reaksi dan melakukan interaksi dengan lingkungannya.

Penduduk

Penduduk merupakan orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain. Penduduk juga merupakan kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi, ekonomi, dan geografi.
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang cukup besar dengan negara-negara lain.

Kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal. Beberapa pengamat masyarakat percaya bahwa konsep kapasitas muat juga berlaku pada penduduk bumi, yakni bahwa penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan katastrofi Malthus. Beberapa menyangkal pendapat ini. Grafik berikut menunjukkan kenaikan logistik penduduk. Negara-negara kecil biasanya memiliki kepadatan penduduk tertinggi, di antaranya: Monako, Singapura, Vatikan, dan Malta. Di antara negara besar yang memiliki kepadatan penduduk tinggi adalah Jepang dan Bangladesh.

Piramida penduduk

Distribusi usia dan jenis kelamin penduduk dalam negara atau wilayah tertentu dapat digambarkan dengan suatu piramida penduduk. Piramida penduduk menggambarkan perkembangan penduduk dalam kurun waktu tertentu. Negara atau daerah dengan angka kematian bayi yang rendah dan memiliki usia harapan hidup tinggi, bentuk piramida penduduknya hampir menyerupai kotak, karena mayoritas penduduknya hidup hingga usia tua. Sebaliknya yang memiliki angka kematian bayi tinggi dan usia harapan hidup rendah, piramida penduduknya berbentuk menyerupai genta (lebar di tengah), yang menggambarkan tingginya angka kematian bayi dan tingginya risiko kematian.


Kebudayaan

Kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya juga merupakan suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

HUBUNGAN ANTARA MASYARAKAT, PENDUDUK DAN KEBUDAYAAN

Antara masyarakat, penduduk, dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat satu sama lain. Masyarakat, penduduk dan kebudayaan telah menyatu dalam kehidupan suatu Negara. Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur), yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena perbedaan umur, ras, etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender.




From :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
http://id.wikipedia.org/wiki/Penduduk
http://tasarkarsum.blogspot.com/2006/08/perbedaan-negara-dan-masyarakat.html
http://organisasi.org/pengertian-masyarakat-unsur-dan-kriteria-masyarakat-dalam-kehidupan-sosial-antar-manusia


Nama : Anggriana Pradita
NPM : 10110849
Kelas : 1ka31
Mata kuliah : Softskill ISD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar