Sabtu, 02 Oktober 2010

Tugas 2 Artikel Ilmu Sosial dasar

PERKEMBANGAN ILMU SOSIAL

Ilmu-ilmu sosial mendapatkan perhatian besar dari cendekiawan Muslim. Sebut saja, sejarawan Ibnu Khaldun. Pada zamannya, tokoh ini berhasil membangun fondasi ilmu sosial. Ia mempelajari kehidupan sebuah masyarakat, bahkan sampai aspek ekonomi hingga melahirkan teori-teori ekonomi.

Para cendekiawan Muslim memberikan kontribusi besar pada ilmu sosial, termasuk antropologi. Dalam tulisannya tentang sejarah antropologi, Marvin Harris mengatakan, kalangan ilmuwan Muslim telah mengembangkan dua kerangka empirisutama dalam kajian antropologi.

Pertama, ketertarikan pada perbandingan budaya antarmasyarakat yang berbeda. Kedua, perkembangan suatu masyarakat dari waktu ke waktu. Ahli-ahli sosial dari dunia Islam memberikan kontribusi luar biasa pada kajian ini yang bermanfaat bagi umat manusia.

Hasil pemikiran mereka pun melahirkan manfaat besar, termasuk dalam penyebaran agama. Mereka bisa lebih membumikan nilai-nilai agama ke dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang membuat Islam mudah diterima di banyak komunitas lokal tempat agama tersebut berkembang.
Telaah budaya, tradisi, dan karakteristik suatu masyarakat, dalam banyak hal mendukung perkembangan aspek syiar Islam. Laman Muslimheritage, menguraikan, agama Islam mengalami perkembangan pesat di kawasan Asia dan Afrika. Jumlah pemeluk agama ini semakin bertambah.
Keberhasilan itu tak begitu saja diraih, tetapi melalui langkah jitu. Masuknya agama Islam tidak menyingkirkan tradisi dan budaya setempat, tetapi berasimilasi dan pada akhirnya diterima secara luas. Masyarakat pun berkesempatan menjalankan ajaran agama de-ngan tetap mempraktikkan budaya lokal.

Sumber : http://bataviase.co.id/node/349470


Nama : Anggriana Pradita
NPM : 10110849
Kelas : 1ka31
Mata kuliah : Softskill ISD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar