Sabtu, 08 Januari 2011

Fungsi Agama

Setiap agama mempunyai fungsi yang berbeda-beda satu sama lain. Dari segi pragmatisme, seseorang itu menganut sesuatu agama adalah disebabkan oleh fungsinya. Bagi kebanyakan orang, agama itu berfungsi untuk menjaga kebahagiaan hidup. Tetapi dari segi sains sosial, fungsi agama mempunyai dimensi yang lain seperti apa yang dihuraikan di bawah:

- Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia.
Agama dapat dikatakan memberi pandangan kepada manusia, karena agama dapat memberikan penjelasan kepada manusia mengenai dunia yang merupakan bagian dari kehidupan,  serta menjelaskan kedudukan manusia di dalam dunia. Contohnya, agama Islam menerangkan kepada umatnya bahwa dunia diciptakan oleh Allah SWT dan setiap manusia harus mematuhi perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

- Menjawab berbagai persoalan yang tidak mampu dijawab oleh manusia.
Agama dapat menjawab berbagai persoalan yang tidak mampu dijawab oleh manusia. Contohnya persoalan tentang kehidupan selepas mati, berbagai macam fenomena-fenomena yang terdapat didalam seluruh alam semesta, dan sebagainya. 

- Memberi rasa kebersamaan dalam suatu kelompok manusia.
Agama merupakan salah satu faktor dalam pembentukkan kelompok manusia. Dalam setiap agama selalu diajarkan bagaimana menghargai satu sama lainnya, saling tolong menolong, dan sebagainya.

Fungsi Sosial Agama
Secara sosiologis, pengaruh agama bisa dilihat dari dua sisi, yaitu pengaruh yang bersifat positif dan pengaruh yang bersifat negative. Pembahasan tentang fungsi agama disini akan dibatasi pada dua hal yaitu agama sebagai faktor integratif dan sekaligus disintegratif bagi masyarakat.

Fungsi Integratif Agama
Peranan sosial agama sebagai faktor integratif bagi masyarakat berarti peran agama dalam menciptakan suatu ikatan bersama, baik diantara anggota-anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban-kewajiban sosial yang membantu mempersatukan mereka. Hal ini dikarenakan nilai-nilai yang mendasari sistem-sistem kewajiban sosial didukung bersama oleh kelompok-kelompok keagamaan sehingga agama menjamin adanya konsensus dalam masyarakat.

Tujuan Agama
Salah satu tujuan agama adalah membentuk jiwa yang berbudipekerti luhur dengan adab yang baik terhadap tuhan-nya maupun lingkungan masyarakat dan sekitarnya. Dengan adanya agama menjadikan hidup kita menjadi lebih bermakna.

Beberapa tujuan agama yaitu :
  • Menegakan kepercayaan manusia hanya kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa (tahuit).
  • Mengatur kehidupan manusia di dunia,agar kehidupan teratur dengan  baik, sehingga dapat mencapai kesejahterahan hidup, lahir dan batin, dunia dan akhirat.
  • Menjunjung tinggi dan melaksanakan peribadatan hanya kepada Allah.
  • Menyempurnakan akhlak manusia.
  • Sebagai pedoman hidup manusia.
  • Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.



Nama   : Anggriana Pradita
NPM   : 10110849
Kelas   : 1ka31
Mata kuliah  : Softskill ISD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar