Sabtu, 08 Januari 2011

Agama dan masyarakat

Agama sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia diberbagai belahan dunia. Agama sudah sangat melekat dalam diri setiap manusia yang benar-benar mempercayainya, meyakininya dan mengamalkannya dalam kehidupannya. Setiap manusia yang beragama akan merasakan bahwa manusia itu memiliki tujuan atau pedoman hidup dalam kehidupannya. Kata "agama" berasal dari bahasa Sansekerta āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.

Manusia memiliki kemampuan terbatas, kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannnya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang luar biasa diluar dirinya. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari sumber yang luar biasa juga, yang dapat menciptakan dirinya dan seluruh alam semesta.

Keyakinan ini membawa manusia untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri , yaitu :

·         menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan
·         menaati segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan
·         menjauhi segala larangannya


Masyarakat dan Agama di Indonesia

Di Indonesia terdapat berbagai macam agama, yaitu: agama Islam, Kristen Protestan dan Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Dari berbagai macam agama yang ada di Indonesia sebagian besar menganut agama islam. Sebelumnya, pemerintah Indonesia pernah melarang pemeluk Konghucu melaksanakan agamanya secara terbuka. Namun, melalui Keppress No. 6/2000, Presiden Abdurrahman Wahid mencabut larangan tersebut. Tetapi sampai kini masih banyak penganut ajaran agama Konghucu yang mengalami diskriminasi dari pejabat-pejabat pemerintah. Ada juga penganut agama Yahudi, Saintologi, Raelianisme dan lain-lainnya, meskipun jumlahnya termasuk sedikit.

Selain itu, pada masa pemerintahan Orde Baru juga dikenal Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang ditujukan kepada sebagian orang yang percaya akan keberadaan Tuhan, tetapi bukan pemeluk salah satu dari agama mayoritas.

From : http://id.wikipedia.org/wiki/Agama


Nama   : Anggriana Pradita
NPM   : 10110849
Kelas   : 1ka31
Mata kuliah  : Softskill ISD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar