Minggu, 06 Mei 2012

Bunga Teratai

Bunga teratai...
Bunga teratai merupakan bunga atau tanaman air yang cantik dan unik, karena bunga teratai mampu bertahan hidup dipermukaan air yang penuh lumpur. Bunga ini tetap bersih dan indah sekalipun air disekelilingnya kotor dan berlumpur. Bunga ini juga sangat terkenal dan populer di berbagai belahan dunia dan memiliki keistimewaan sebagai inspirasi bagi kaum penyair maupun penggubah lagu.


Teratai adalah tanaman air yang dapat tumbuh di permukaan air yang tenang dan berlumpur seperti di kolam atau rawa-rawa. Daunnya berbentuk bundar yang lebar dengan diameter sekitar 5 sampai 10 cm. Warna bunganya bila putih lebih putih, bila merah lebih merah. Tanaman teratai berasal dari daratan asia, kecuali teratai tropis yang berasal dari Mesir. Bagi pengikut budha, bunga teratai merupakan lambang kesucian. Hal itu tercermin dari banyaknya lukisan dan patung sang budha yang sedang bersemedi di atas bunga teratai.

Banyak kisah mengenai bunga teratai ini. Dari kehidupan teratai dapat diambil sebuah pelajaran yang berharga. Apabila air pasang, teratai akan naik dan bila air surut maka teratai akan turun. Daun teratai yang mengapung di permukaan air tidak pernah kotor sekalipun hidup di air keruh. Bunga yang muncul dari dalam itu tetap bersih dan indah. Akar yang kait-mengait dalam dasar kolam membuat teratai tidak gampang meninggalkan hidupnya. Semua itu melambangkan sikap kematangan, kemapanan, kejuangan dan cinta tanah air yang telah menghidupinya. Bunga teratai mampu menghadapi tantangan dengan apa yang ada disekitarnya.

Pada awalnya, teratai adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di rawa-rawa atau tepian sungai. Namun, saat ini teratai banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, yang menghiasi kebun dan kolam-kolam agar lebih indah. Daunnya yang berwarna hijau keputihan menjulang tegak seperti perisai, dan bunganya yang harum dan mekar dan mekar sehari penuh adalah beberapa alasan yang menjadikan teratai diminati sebagai tanaman hias.

Teratai memiliki bermacam kegunaan, mulai dari tanaman obat, tanaman hias, bahkan sumber makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Di bidang kesehatan semua bagian teratai dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar, tunas, biji, bunga, hingga umbinya untuk dapat mengobati berbagai macam penyakit. Akar tanaman teratai dapat mengobati diabetes, karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu bermanfaat juga untuk menjaga keteraturan menstruasi, melancarkan peredaran darah, mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan stamina. Tunas teratai berkhasiat melancarkan peredaran darah, membuat tidur nyenyak, mencegah kanker, jantung berdebar, dan gelisah. Daun teratai berguna untuk menambah selera makan, menyadarkan orang yang pingsan, mengobati stroke, menyembuhkan diare, mengobati rasa sakit kepala, menghentikan mimisan, mencegah penyakit beri-beri. Biji teratai dapat mengobati penyakit darah tinggi, meningkatkan fungsi jantung, hati, limpa dan memperbaiki stamina. Bunganya memiliki aroma yang khas. Semerbak wangi bunga teratai mampu menenangkan setiap jiwa yang menghirupnya. Sedangkan umbi teratai, selain rasanya gurih dan lezat dan dapat diolah menjadi berbagai penganan juga berkhasiat untuk mengobati batuk darah, meredakan demam, tekanan darah tinggi, dan wasir. 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar