Sabtu, 14 April 2012

Metode dan Aplikasi

Pengembangan organisasi dapat membantu untuk meningkatkan karir dan kualifikasi pegawai, serta dapat mempererat jalinan hubungan dan kerjasama antara pegawai dengan pihak manajemen. Lebih jauh lagi, pengembangan organisasi sangat berperan didalam pengawasan (supervisi), dalam meningkatkan dan mengembangkan kinerja staff dan kinerja organisasi, serta berperan dalam mengenalkan metode-metode baru dalam memberikan konseling.

Metode dan aplikasi memiliki keterkaitan yang erat dengan suatu organisasi perusahaan. Metode merupakan prosedur untuk melakukan sesuatu. Metode pengembagan adalah sebuah cara yang tertata atau teratur yang bertujuan untuk melakukan analisa pengembangan suatu sistem agar sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan aplikasi adalah penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan. Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, dan penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat untuk membantu manusia dalam melaksanakan tugas tertentu.

Terdapat dua macam metode dalam pengembangan organisasi yaitu :

Metode Pengembangan Struktur

Metode pengembangan struktur membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka. Struktur organisasi dalam perusahaan merupakan suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operational untuk mencapai tujuan perusahaan. Struktur organisasi dalam perusahaan dapat berubah akibat perubahan dan pengembangan strategi bisnis. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk selalu dan terus-menerus mengembangkan strategi bisnis yang dimilikinya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya pengembangan struktur dalam suatu organisasi agar kinerja kerja dalam perusahaan tersebut dapat meningkat dan maju menjadi perusahaan yang lebih besar lagi. Metode ini digunakan agar kinerja kerja menjadi lebih efisien dan efektif.

Metode Pengembangan Perilaku

Metode pengembangan perilaku merupakan program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan latihan pengembangan kelompok. Perilaku adalah cerminan kepribadian seseorang yang tampak dalam perbuatan dan interaksi terhadap orang lain dalam lingkungan sekitarnya. Dalam suatu organisasi sangat diperlukan adanya pengembangan perilaku agar dapat memenuhi kualitas dan peningkatan kerja.



Source :


1 komentar: