Jumat, 13 April 2012

Pengembangan Organisasi

Pengembangan organisasi yang juga dikenal dengan organization development merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah yang ada dalam organisasi tersebut. Menurut Warren G.Bennis pengembangan organisasi adalah suatu jawaban terhadap perubahan, suatu strategi pendidikan yang kompleks yang diharapkan untuk merubah kepercayaan, sikap, nilai, dan susunan organisasi sehingga organisasi dapat lebih baik dalam menyesuaikan dengan teknologi, pasar, dan tantangan yang baru serta perputaran yang cepat dari perubahan itu sendiri. Sedangkan menurut Richard Beckhard pengembangan organisasi adalah usaha berencana meliputi organisasi keseluruhan yang diurusi dari atas untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi melalui pendekatan berencana dalam proses organisasi dengan memakai pengetahuan ilmu perilaku.

Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi berikut ini :
  1. Efisien : dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep minimaks (masukan minimum dan keluaran maksimum).
  2. Efektivitas : suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.
  3. Kesehatan organisasi : suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas.
Karakteristik pengembangan organisasi :
  1. Perubahan yang direncanakan 
  2. Perubahan komprehensif
  3. Perubahan jangkan panjang
  4. Tekanan pada kelompok-kelompok kerja
  5. Partisipasi pengantar perubahan 
  6. Manajemen kolaboratif
  7. Tekanan pada intervensi dan riset kegiatan
Proses pengambangan organisasi diterapkan dengan sasaran :
  1. Hubungan yang lebih efektif antara departemen, divisi dan kelompok-kelompok kerja dalam organisasi.
  2. Hubungan pribadi yang lebih efektif antara manajer dan karyawan pada semua jenjang organisasi.
  3. Terhapusnya hambatan-hambatan komunikasi antara pribadi dan kelompok.
  4. Berkembangnya iklim yang ditandai dengan saling percaya, dan keterbukaan yang dapat memotivasi serta menantang anggota organisasi untuk lebih berprestasi.
Didalam menghadapi akselerasi perubahan yang semakin cepat, pengembangan organisasi diperlukan untuk bisa mengatasi konsekuensi dari perubahan tersebut. Perubahan-perubahan dalam lingkungan organisasi dapat disebabkan oleh kekuatan internal dan eksternal. Berbagai kekuatan eksternal dapat menekan organisasi untuk mengubah tujuan, struktur, dan operasinya. Pengembangan organisasi pada prinsipnya merupakan suatu proses dimana pengetahuan, konsep-konsep, dan praktek-praktek yang berkaitan dengan (perilaku) organisasi digunakan secara efektif untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.


Pengembangan organisasi merupakan salah satu pokok bahasan yang penting dalam perbincangan organisasi. Pengembangan organisasi memang sangat penting dalam membantu organisasi untuk mengubah dirinya sendiri melalui strategi yang sangat terencana dan dengan prediksi masalah yang kemungkinan dapat diatasi melalui solusi-solusi yang diberikan dan sangat penting bagi mereka yang merencanakan dan berupaya meningkatkan karir profesional baik sebagai konsultas internal maupun sebagai konsultas eksternal yang akan berpraktek pada organisasi-organisasi lain.


Source :
http://www.google.co.id/#hl=id&sugexp=frgbld&gs_nf=1&cp=14&gs_id=1h&xhr=t&q=pengembangan+organisasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar