Minggu, 07 November 2010

Gempa bumi Aceh 2010


Pada tanggal 9 Mei 2010 pukul 12.59 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 7.2 SR yang berpusat pada 3.61 LU - 95,84 BT dengan kedalaman 30 km di 66 km Barat Daya Meulaboh - Aceh.

Kejadian tersebut tidak menimbulkan adanya korban meninggal. Korban rawat inap karena syok berat 1 orang di Kecamatan Simeulue Barat. Tidak terjadi pengungsian dan 1 puskesmas rusak sedang. Korban luka ringan sebanyak 8 orang dengan rincian:
  • 7 orang Kab. Simeulue : 5 orang di Kecamatan Alafan yaitu 3 di Desa Lakafha dan 2 di Desa Lhok Dalam dan 2 orang di Kecamatan Simeulue Barat
  • Kabupeten Aceh Barat : 1 orang di Kota Meulaboh
Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Hingga saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat serta pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Dinas Kesehatan Kab. Aceh Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan.

Menurut pendapat saya gempa bumi di Aceh juga perlu diperhatikan seperti gempa-gempa yang terjadi di daerah lain. Diperlukan adanya alat yang dapat mendeteksi gempa dan tsunami. Agar bila terjadi gempa warga bisa menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.




Nama   : Anggriana Pradita
NPM   : 10110849
Kelas   : 1ka31
Mata kuliah : Softskill ISD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar