Senin, 25 Juni 2012

Manfaat Yoghurt

Yoghurt merupakan suatu produk hasil olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Penting bagi kita untuk memahami tentang manfaat yoghurt. Yoghurt memiliki aroma dan tekstur khas dari hasil fermentasi bakteri laktosa yang menghasilkan asam laktat.

Pada umumnya, bahan dasar untuk membuat yoghurt adalah susu sapi, tapi saat ini sudah ada beberapa macam yoghurt yang menggunakan bahan dasar susu kedelai. Pembuatan yoghurt dimulai dengan proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophiles. Kedua macam bakteri tersebut berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi asam laktat dan membuat yoghurt memiliki rasa asam. Dengan adanya proses fermentasi, kadar laktosa yang ada pada yoghurt dapat dikurangi hingga aman untuk dikonsumsi baik oleh para kaum lansia maupun orang yang memiliki alergi dengan susu, sehingga mereka juga dapat merasakan manfaat yoghurt.

Yoghurt telah dikenal dan dikonsumsi sejak 4,5 abad yang lalu. Manfaat yoghurt sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kalsium tinggi, protein, vitamin B6, vitamin B12, dan Riboflavin.

Berikut ini adalah manfaat dari yoghurt, antara lain :

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat membantu proses pencernaan agar lebih sehat.
Yoghurt mampu mengatasi diare.
Yoghurt dapat mencegah resiko terserang darah tinggi.
Yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan Kalsium.
Yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
Yoghurt bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina dengan menghambat perkembangan jamur, karena yoghurt mampu mengurangi tingkat keasaman (PH).

Untuk meremajakan wajah, yoghurt mengandung asam laktat yang merupakan komponen penting dalam bahan kimia untuk pergantian kulit. Caranya dapat dengan mencampurkan 1 cangkir yoghurt yunani dengan 2-3 tetes minyak almond atau minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dan keringkan. Hasilnya, kulit wajah akan lebih bercahaya.

Yoghurt dapat menjaga agar jantung tetap sehat. Yoghurt juga baik untuk jantung sebab rendah lemak, bahkan bebas lemak. Dengan mengkonsumsi yoghurt dapat membantu menurunkan resiko terserang tekanan darah tinggi. Protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.

Yoghurt memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga aman untuk orang yang sedang diet. Selain itu, gizi yang terkandung dalam yoghurt juga lebih tinggi daripada susu segar.

From :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar