Jumat, 29 Juni 2012

Wisata Pulau Jeju di Korea

Pulau Jeju (Jeju-do) merupakan pulau terbesar di Korea yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea. Pulau Jeju adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus Korea Selatan. Terletak di Selat Korea, sebelah barat daya provinsi Jeolla Selatan, yang dahulunya merupakan satu provinsi sebelum terbagi pada tahun 1946. Ibukota Jeju adalah Kota Jeju (Jeju-si). 


Pulau Jeju dijuluki Samsado, "Pulau yang berlimpah dengan tiga hal" yaitu bebatuan, wanita, dan angin). Karena memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang unik, pulau Jeju adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Korea. Dalam catatan sejarah, Jeju disebut dalam berbagai nama, mulai dari Doi, Dongyeongju, Juho, Tammora, Seomna, Tangna atau Tamra.

Kota pelabuhan terdekat Jeju dengan daratan utama Korea adalah Mokpo, provinsi Jeolla Selatan. Suhu di Jeju dapat bervariasi, mulai dari tropis sampai subtropis. Suhu rata-rata pertahunnya adalah 14,6 derajat Celcius dan 4,7 derajat Celcius pada musim dingin. Karena memiliki iklim yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai "Pulau Botani" karena kekayaan floranya.

Selama berabad-abad, penduduk pulau Jeju dijuluki sebagai "Yukgoyeok" yang artinya enam jenis pekerja keras. Yukgoyeok merujuk kepada warga yang mengerjakan berbagai pekerjaan sulit dan berat untuk hidup, seperti mencari abalon dan kerang dengan cara menyelam ke dasar laut, membangun pelabuhan, beternak, membuat kapal dan bertani.

Berikut ini adalah objek wisata yang ada di pulau Jeju :

Mokseokwon (Taman Batu dan Kayu)

Mokseokwon terletak 4 km di selatan kota Jeju adalah taman yang memiliki kumpulan batu-batuan berbentuk unik dan akar-akar pohon tua yang sudah mati. Karena keunikannya, taman ini dijadikan sebagai monumen regional Jeju nomor 25.

Halla Arboretum (Kebon Raya Halla)

Halla Arboretum merupakan tempat pelestarian sebanyak 506 jenis pohon, 90 spesies herbal. Terletak di sebelah barat Puncak Namjosun, Selatan kota Jeju.

Seongsan Ilchulbong (Puncak Matahari Terbit)

Ilchulbong merupakan kawah gunung berapi yanng memiliki luas 99.000 meter persegi dan tinggi 182 meter di sebelah timur Jeju.


From :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar