Jumat, 29 Juni 2012

Ruang Lingkup Ekonomi

Ilmu ekonomi lahir pada abad 18. Buku yang pertama kali mengupas mengenai masalah-masalah ekonomi adalah buku karangan Adam Smith tahun 1776 dengan judul "An Inquiry Into The Nature and Causes of Wealth of Nations.

Kebutuhan ekonomi pada dasarnya bersifat :
- Berbeda untuk setiap orang maupun kelompok
- Tidak sama sepanjang waktu
- Berkembang dalam jumlah dan kwalitasnya
- Saling melengkapi atau saling berlawanan

Ilmu ekonomi merupakan kelompok ilmu sosial, karena yang menjadi sasaran studinya adalah perilaku masyarakat. Namun ilmu ekonomi berbeda dengan ilmu sosial lainnya, sebab ilmu ekonomi mempelajari masyarakat dari segi pemenuhan kebutuhan dengan memilih sumber-sumber produksi yang terbatas dan cara pemakaiannya yang paling tepat. Dalam prakteknya, sulit memisah-misahkan mana yang termasuk dalam perilaku ekonomi dan yang tidak, sebab struktur ekonomi suatu negara sangatlah rumit dan kompleks.

Sebagian barang yang ada di bumi ini terbatas jumlahnya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, maka untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Kelangkaan ekonomi adalah situasi kehidupan masyarakat yang memperlihatkan sumber daya manusia dan bukan manusia ada dalam jumlah yang tertentu dan didasarkan pada pengetahuan teknologi terbaik yang dapat dipakai untuk menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang terbatas. Keterbatasan barang atau alat pemuas kebutuhan menyebabkan semua pihak yang ingin memuaskan kebutuhannya harus menghadapi kenyataan bahwa setiap pilihan yang diambil akan membawa pilihan lain yang bersifat alternatif. Setiap kali memilih berarti mengorbankan kesempatan untuk tidak memilih yang lain.


From :
elearning.gunadarma.ac.id


1 komentar: