Kamis, 28 Juni 2012

Sejarah Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Kentang goreng biasa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, hamburger, fish and chips, dan currywurst.

Di Amerika Utara, istilah "chips" berarti keripik kentang (potato chips), sedangkan di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, "chips" bisa berarti kentang goreng atau keripik kentang. Pada awal tahun 1950-an, Jack Simplot yang memiliki perusahaan bernama J. R. Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan-potongan kentang yang sudah dikupas dan dibekukan. 

French Fries berarti "kentang goreng ala Peransic". Dalam bahasa Inggris, kata fry sebenarnya bisa berarti menggoreng dengan minyak sedikit atau meggoreng di dalam minyak goreng yang banyak hingga terendam (deep frying). Sedangkan dalam bahasa Perancis, frire hanya berarti menggoreng di dalam minyak goreng yang banyak hingga terendam.

Pada awalnya kata kerja "to french" digunakan untuk memotong sesuatu dengan bentuk panjang-panjang seperti batang korek api yang disebut Julienne-cut.


From :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kentang_goreng

1 komentar: