Jumat, 22 Juni 2012

Universitas Terkenal di Korea Selatan

Jika di Indonesia kita sudah mengetahui universitas-universitas apa saja yang terkenal, populer dan terkemuka. Sekarang kita akan mengenal beberapa universitas-universitas terkenal di negara Korea Selatan. Universitas-universitas tersebut adalah sebagai berikut :

Korea Advanced Institute of Science and Technology University (Universitas KAIST)

Universitas KAIST merupakan salah satu universitas terkemuka di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1971 sebagai penelitian pertama yang berorientasi pada ilmu pengetahuan bangsa dan lembaga rekayasa. Berlokasi di Daedeok Innopolis, Daejeon, Korea Selatan. Pada tahun 2011, melalui QS World University Rangkings, universitas KAIST berada pada peringkat ke-90 secara keseluruhan dan berada di peringkat ke-27 dalam bidang Teknik dan TI. Universitas ini menerapkan sistem yang cukup keras, yaitu IPK harus di atas 3,2. Jika tidak memenuhi standar IPK yang telah ditentukan, mahasiswa yang bersangkutan akan dikenakan denda yang lumayan mahal.

Seoul National University (Universitas Nasional Seoul)

Universitas Nasional Seoul merupakan universitas terkemuka di Korea. Universitas ini didirikan pada tahun 1946 dengan menggabungkan 10 perguruan tinggi di sekitar wilayah Seoul dan sering dianggap sebagai perguruan tinggi paling prestisius di Korea Selatan. Lebih dari 30.000 mahasiswa belajar di Universitas Nasional Seoul. Pada tahun 2011, dalam QS World University Rangkings, universitas Nasional Seoul berada pada peringkat  ke-42 di dunia. Di antara alumni universitas ini yang terkenal adalah Ban Ki-Moon, saat ini Ban Ki-Moon adalah sekretaris Jenderal perserikatan bangsa-bangsa, selain itu sebagai CEO LG, dan CEO Samsung Electronics CEO.

Korea University (Universitas Korea)

Universitas Korea merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Seoul, Korea Selatan, dan memiliki dua kampus. Universitas Korea merupakan salah satu universitas yang dikenal dengan "Universitas SKY".  SKY merupakan inisial dari tiga besar universitas terbaik dan paling selektif di Korea yaitu, Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea, dan Universitas Yonsei. Universitas ini didirikan pada tahun 1905 (dengan nama awal yaitu Bosung College), terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Jumlah total mahasiswa mencapai 30.000 orang yang mencakup program sarjana, magister, dan doktor. Sebagai bagian dari usaha globalisasinya, universitas Korea telah mengadakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas-universitas lain dari seluruh dunia. Universitas ini sangat terkenal akan bentuk nasionalisme yang disuarakannya pada masa penjajahan. Selain itu, dikenal akan kualitas pendidikannya yang sangat bermutu. Pada tahun 2003, jumlah mahasiswa yang lulus dari jurusan hukum hanya 151 dari jumlah 905 orang yang mengikuti ujian tersebut. Penerimaan mahasiswa baru juga sangat ketat karena masuk universitas korea dan 2 universitas sky lain dianggap sebagai tiket menuju kesuksesan dan kehormatan bagi masyarakat Korea.



Yonsei University (Universitas Yonsei)

Universitas Yonsei adalah universitas riset swasta kristen yang tertua di Korea Selatan, didirikan pada tahun 1885, terletak di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2011, universitas Yonsei  menduduki peringkat ke-129 dalam QS World University Rangkings dan berada diurutan ke-190 di dunia oleh Times Higher Education World University Rangkings.

Pohang University of Science and Technology (Universitas POSTECH)

Universitas Postech adalah universitas swasta yang berbasis di Pohang, Korea Selatan. Universitas ini didedikasikan untuk penelitian dan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun 1998, oleh Asiaweek dinobatkan sebagai universitas ilmu terbaik dan universitas teknologi terbaik di Asia. Pada tahun 2011, dalam QS World University Rangkings, universitas Postech berada pada peringkat ke-98 secara keseluruhan di dunia.


Chung-Ang University (Universitas Chung-Ang)


Universitas Chung-Ang merupakan lembaga yang komprehensif swasta di Korea Selatan. Universitas ini adalah yang pertama di Korea Selatan yang menawarkan program studi dalam bidang Farmasi, Manajemen Bisnis, Komunikasi Massa, Fotografi, Periklanan dan Hubungan Masyarakat. Selain itu, ada juga studi dalam bidang Drama, Film, Media, dan Seni. Menurut analisis terakhir, sekolah komunikasi massa di universitas ini telah menghasilkan jumlah tertinggi wartawan dalam posisi manajerial di organisasi media utama, sedangkan dalam bidang departemen hubungan masyarakat periklanan telah menghasilkan jumlah tertinggi agen periklanan. Banyak artis Korea yang bersekolah di universitas ini, banyak dari mereka yang mengikuti studi dalam bidang drama, film, musik, dan seni. Artis Korea yang bersekolah disini adalah Go Ara, Kim Soo Eun, Park Shin Hye, Kim Bum, member dari Snsd Yuri, dan lain-lain.



2 komentar:

  1. hallo kak, saya mau tanya perbedaan dari SNU, KU, Yonsei apa ya? saya juga mau lihat materi kuliah jurusan itu bisa gak ya? soalnya saya udah cek di website kampusnya masing-masing tapi gak ketemu2. mohon dijawab ya kak. makasih sebelumnya

    BalasHapus